tag:blogger.com,1999:blog-48035386575930083662024-03-13T07:05:28.840-07:00MathematicsK4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.comBlogger10125tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-59725805232903587252008-08-15T18:45:00.000-07:002008-08-15T18:46:55.983-07:00Uji coba buat readmore<br /><span class="fullpost"><br />matematika<br /></span>K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-72430214141061884532008-04-21T21:59:00.000-07:002008-08-15T19:09:20.805-07:00Bilangan ajaib 15.873 dan 85471. Bilangan 15.783 merupakan bilangan ajaib dan akan memberi hasil istimewa bila dikalikan <br />dengan kelipatan 7. <br /><br />* 15.873 x 7 = 111.111 <br /><br />* 15.873 x 14 = 222.222 <br /><br />* 15.873 x 21 = 333.333 <br /><br /><span class="fullpost"><br /><br />1. Bilangan 15.783 merupakan bilangan ajaib dan akan memberi hasil istimewa bila dikalikan<br />dengan kelipatan 7.<br /><br />* 15.873 x 7 = 111.111<br /><br />* 15.873 x 14 = 222.222<br /><br />* 15.873 x 21 = 333.333<br /><br />Tentukan hasil dari :<br /><br />* 15.873 x 28 =<br /><br />* 15.873 x 35 =<br /><br />* 15.873 x 42 =<br /><br />* 15.873 x 49 =<br />dst<br /><br /><br />2. Bilangan 8547 akan memberi hasil yang menarik bila dikalikan dengan 13, sbb :<br /><br />* 8547 x 13 = 111.111<br /><br />* 8547 x 26 = 222.222<br /><br />* 8547 x 39 = 333.333<br /><br />Tentukan hasil dari :<br /><br />* 8547 x 52 =<br /><br />* 8547 x 65 =<br /><br />* 8547 x 78 =<br /></span>K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-46627986277011337702008-04-21T21:17:00.000-07:002008-08-15T18:55:58.537-07:00Bilangan ajaibKeajaiban perkalian dengan bilangan 9 dan kelipatannya<br /><br />9 x 12.345.679 = 111.111.111<br />18 x 12.345.679 = 222.222.222<br />27 x 12.345.679 = 333.333.333<br />36 x 12.345.679 = 444.444.444<br />45 x 12.345.679 = 555.555.555 ....<br /><span class="fullpost"><br /><br />Perhatikan pola perkaliannya! <br />Hitunglah nilai dari : <br /><br />54 x 12.345.679 = <br /><br />63 x 12.345.679 = <br /><br />72 x 12.345.679 = <br /><br />81 x 12.345.679 = <br /><br /></span>K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-67922903422921240162008-04-18T00:23:00.000-07:002008-08-15T19:13:57.109-07:00Soal - soal Kubus dan BalokTentukan panjang kawat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kerangka kubus dengan <br />rusuk 6,5 cm. <br /><br /><span class="fullpost"><br /> <br /><br />1. Tentukan panjang kawat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kerangka kubus dengan<br />rusuk 6,5 cm.<br /><br />2. Jika panjang kawat satu kerangka kubus adalah 210 cm, tentukan panjang rusuk kubus.<br /><br />3. Tersedia kawat panjangnya 11,7 m. Tentukan Banyak kerangka kubus yang dapat dibuat<br />dengan panjang rusuk 9,75 cm.<br /><br />4. JIka dari kawat 4, m dapat dibuat 5 kerangka kubus dengan rusuk 7 2/3 cm, Tentukan<br />panjang kawat yang tidak terpakai.<br /><br />5. Tentukan Panjang kawat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kerangka balok dengan<br />panjang 18 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6,5 cm.<br /><br />6. Kawat sepanjang 4 m, akan dibuat kerangka balok dengan ukuran panjang 12 cm,<br />lebar 8,5 cm, dan tinggi 4,5 cm. Tenntukan banyak kerangka balok yangg dapat dibuat.<br /><br />7. Panjang satu kerangka balok 1,8 m. Jjika balok tersebut berukuran panjang 22 cm,<br />lebar 14 cm. Tentukan tinggi balok.<br /><br />8. Sebatang kawat cukup untuk membuat 5 kerangka kubus dengan rusuk 5 cm. dengan kawat<br />yang sama akan dibuat kerangka balok berukuraan 12 cm x 8 cm x 5 cm.<br />Tentukan Banyak kerangka balok yang dapat dibuat.<br /><br />9. Tentukan Volum yang memiliki luas alas 25 cm persegi.<br /><br />10. Diketahui volum sebuah kubus 1 liter. Tentukan panjang rrusuk kubus.<br /><br />11. Tentukan luas permukaan kubus yang memiliki volum 343 cm kubik.<br /><br />12. sebuah balok berukuran 12 cm x 10 cm x 8 cm. Tentukan luas permukaan balok.<br /><br />13. Sebuah balok dengan p : l : t = 5 : 2 : 1 mempunyai luas permukaan 306 cm persegi.<br />Tentukan volum balok.<br /><br />14. Luas bidang diagonal sebuah kubus adalah 25 akar 2 cm persegi. Tentukan luas permukaan<br />kubus.<br /><br />15. Jumlah Luas sisi kubus 1.350 cm persegi. Tentukan volum kubus.<br /><br />16. Sebuah bak mandi berbentuk balok berukuran 50 cm x 40 xm x 60 cm. Bak mandi ini akan<br />diisi air dari kran dengan debit 8/3 liter/menit. Tentukan lama waktu untuk mengisi bak<br />mandi tersebut.<br /><br />17. Sebuah balok mempunyai alas dengan ukuran 12 cm x 9 cm. jika panjang salah satu diagonal<br />ruangnya 17 cm. Tentukan volum balok.<br /><br />18. Sebuah balok mempunyai sisi - sisi yang luasnya 60 cm persegi, 72 cm persegi dan<br />30 cm persegi. Tentukan volum balok.<br /><br />19. Sebuah kubus besar yang mempunyai panjang sisi 1 m akan dipotong - potong menjadi<br />kubus kecil - kecil dengan panjang sisi 20 cm. Tentukan banyak kubus kecil.<br /><br />20. Sebuah bak mobil yang mempunyai ukuran panjang 3m, lebar 2m, dan tinggi 1,5 m akan<br />diisi dengann keranjang telur berukuran 50 cm x 40 cm x 25 cm. Jika berat 1 keranjang<br />telur 24 kg. tentukan banyak kg telur yang dapat dimuat bak mobil.<br /></span>K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-63612603195883380262008-04-15T22:42:00.000-07:002008-04-15T23:28:16.835-07:00Bangun Ruang Sisi Datar (Prisma dan Limas)1. <strong>PRISMA</strong><br /> prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang berhadapan yang sama dan<br /> sebangun atau kongruen dan sejajar, serta bidang - bidang lain yang berpotongan menurut<br /> rusuk - rusuk yang sejajar.<br /> Prisma diberi nama berdasarkan bentuk segi - n pada bidang alas atau bidang atas.<br /> Contoh : Prisma segiempat, karena bidang alas dan atas berbentuk segiempat.<br /><br /> Rusuk - rusuk pada prisma tegak lurus terhadap bidang alas mapun bidang atas, sehingga<br /> disebut dengan <em>prisma tegak.</em><br /><em> </em><br /><em> </em>Bidang - bidang tegak pada berbentuk persegi panjang<br /><br /> Contoh : Prisma segienam ABCDEF.GHIIJKL<br /> - Bidang ABCDEF merupakan bidang alas dan bidang GHIJKL merupakan bidang atas, <br /> berbentuk segienam.<br /> - Bidang - bidang tegaknya adalah ABHG, BCIH, CDJI, DEKJ, EFLK, dan FAGL berbentuk<br /> persegi panjang<br /> - Rusuk - rusuk tegak adalah AG, HB, IC, JD, KE dan LF<br /> - Rusuk - rusuk yang lainnya adalah AB< BC, CD. DE. EF. FA, GH, HI, IJ, JK, KL, dan LG<br /><br /> Bidang diagonal dibentuk oleh dua pasang garis dan dua pasang diagonal bidang.<br /> Bidang diagonal suatu prisma berbentuk persegi panjang.<br /> Contohnya : bidang ACJL, CFLI, dll<br /><br /> <strong> Luas permukaaan Prisma</strong> = luas alas + luas atas + luas bidang - bidang tegak.<br /> = (2 x luas alas) + (kelilling alas x tinggi)<br /> <strong> Volume Prisma</strong> = luas alas x tinggi<br /><br /><br />2. <strong>LIMAS</strong><br /> limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segitiga ataupun segibanyak sebagai<br /> alas dan beberapa buah bidang berbentuk segitiga sebagai bidang tegak yang bertemu pada<br /> satu titik puncak.<br /> limas diberi nama berdasarkan bentuk segi - n pada bidang alas.<br /><br /> Contoh : Limas segilima T.ABCDE<br /> - bidang ABCDE sebagai bidang alas berbentuk segilima dan titik T sebagai titik puncak.<br /> - bidang tegaknya adalah bidang TAB, TBC, TCD, TDE, dan TAE berbentuk segitiga.<br /> - Rusuk - rusukk tegaknya adalah TA, TB. TC, TD, dan TE<br /> - Rusuk - rusuk lainnya adalah AB, BC, CD, DE, dan AE.<br /><br /> Bidang - bidang diagonal suatu limas berbentuk segitiga.<br /> Contoh : pada limas segiempat O.ABCD, Bidang BDO merupakan bidang diagonal.<br /> Bidang BDO dibentuk oleh rusuk BO dan DO serta diagonal bidanag BD<br /><br /> <strong>Luas Permukaan Limas</strong> = luas alas + jumlah luas segitiga bidang tegak<br /><br /> <strong>Volume Limas</strong> = 1/3 x luas alas x tinggi<br /><br /><strong>Menggambar Prisma</strong> :<br />Misal menggambar Prisma tegak ABCDE.FGHIJ. hal - hal yang perlu diperhatikan :<br />a. Bidang alas dan bidang atas prisma merupakan bangun - bangun yang sama dan sebangun<br /> atau kongruen (memiliki bentuk dan ukuran yang sama)<br />b. rusuk - rusuk tegak AF, BG, CH, DI dan EJ memiliki panjang yang sama.<br />c. rusuk - rusuk yang terhalang pandangan oleh bidang lain yaitu AE, ED, CD, EJ, dan DI<br /> digambar dengan garis putus - putus.<br /><br /><strong>Langkah - langkah</strong> :<br />1. Menggambar bidang alas prisma berbentuk ABCDE.<br />2. Menggambar rusuk - rusuk tegak AF, BG, CH, DI, dan EJ yang sama panjangnya.<br />3. Menggambar bidang atas prisma berbentuk segilimaa dengan menghubungkan titik - titik<br /> F, G, H, I, dan J<br /><br /><strong>Menggambar Limas</strong> :<br />Misal menggambar limas T.ABCD, hal - hal yang perlu diperhatikan :<br />a. Bidang alas limas yang berbentuk persegi panjang digambar sebagai jajargenjang dan bidang<br /> alas limas yang berbentuk persegi digambar sebagai belah ketupat.<br />b. TO tegak lurus dengan bidang alas ABCD titik O merupakan tiitik potong diagonal - diiagonal<br /> bidang alas.<br />c. Rusuk - rusuk tegak TA, TB, TC, dan TD memiliki panjang yang sama<br />d. rusuk - rusuk yang terhalang pandangan oleh bidang lain yaitu AD, DC, dan TD digambar<br /> dengan garis putus - putus.<br /><br /><strong>Langkah - langkah</strong> :<br />1. Menggambar bidang alas limas ABCD berbentuk jajargenjang ABCD<br />2. Menentukan titik O sebagai titik potong diagonal AC dan BD, kemudian membuat garis TO<br /> yang tegak lurus terhadap bidang alas ABCD<br />3. Menggambar rusuk - rusuk tegak TA, TB, TC dan TD.<br /><br /><em></em>K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-72221710859332483002008-04-15T22:00:00.000-07:002008-08-15T19:24:07.289-07:00Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok)1. KUBUS dan BALOK<br /><br />Unsur - unsur pada Kubus :<br />1. kubus dan balok memiliki bidang yang membatai bagian dalam dan bagian luar yang<br />disebut bidang sisi yang biasanya disebut <em>Bidang.</em><br /><span class="fullpost"><br /><em></em><br /><em>2. </em>bidang - bidang pada suatu kubus maupun balok berpotongan atau bertemu pada suatu<br />garis yang disebut <em>rusuk</em><br /><em></em><br /><em></em>Bidang - bidang suatu balok berbentuk persegi panjang.<br />Bidang - bidang suatu kubus berbentuk persegi.<br /><br />3. Diagonal bidang<br />Pada kubus ABCD.EFGH, garis yang menghubungan dua buah titik sudut yang berhadapan<br />dalam satu bidang disebut <em>Diagonal bidang</em><br /><em>Contohnya : </em>Diagonal AF, BE, AC, BD, EG, HF, BG, CF, AH, DE, DG, CH<br /><br />4. Diagonal Ruang<br />Pada kubus ABCD.EFGH, garis BH, CE, DF, dan AG disebut dengan <em>diagonal ruang</em><br /><em></em><br /><em>5. </em>Bidang Diagonal<br />Bidang diagonal adalah bidang yang dibentuk oleh dua buah diagonal bidang yang<br />berhadapan dan sejajar serta dua rusuk yang berhadapan dan sejajar.<br />Bidang diagonal berbentuk persegi panjang.<br />Pada kubus ABCD.EFGH, yang merupakan bidang diagonal adalah : BDFH, BCEH, ADFG,<br />ACEG, dll<br /><br />Jika panjang rusuk suatu kubus adalah s, maka<br />1. Jumlah panjang rusuk kubus = 12 s<br />2. Luas permukaan kubus = 6 x s pangkat dua<br />3. Volume = s x s x s<br />4. Panjang diagonal bidang = s x akar 2<br />5. Panjang diagonal ruang = s x akar 3<br />6. Luas bidang diagonal = s x s x akar 2<br /><br />Jika balok mempunyai panjang = p, lebar = l dan tinggi = t, maka :<br />1. Jumlah panjang rusuk balok = 4p + 4l + 4t<br />2. Luas permukaan balok = 2(pl + pt + lt)<br />3. Volume = p x l x t<br />4. Panjang diagonal bidang = - akar p pangkat 2 + l pangkat 2<br />- akar p pangkat 2 + t pangkat 2<br />- akar l pangkat 2 + t pangkat 2<br />5. panjang diagonal ruang = akar p pangkat 2 + l pangkat 2 + t pangkat 2<br />6. Luas bidang diagonal = panjang diagonal bidang x (p atau l atau t)<br /><br /><br />Menggambar Kubus dan Balok :<br />Untuk mengambar kubus ABCD.EFGH, ada hal - hal yang perlu diperhatikan sbb:<br />1. Bidang frontal<br />bidang bagian depan yaitu ABEF dan bidang bagian belakang yaitu CDGH digambar<br />berbentuk persegi, karena kedua bidang tersebut letaknya sejajar dengan bidang gambar<br />yang disebut juga <em>Bidang Frontal </em><br /><em></em><br /><em>2. </em>Rusuk - rusuk yang letaknya mengarah dari depan ke belakang yaitu AD, BC, FG, dan EH<br />digambar lebih pendek dari rusuk - rusuk lainnya, walaupun sesungguhnya panjang rusuk -<br />rusuk itu adalah sama. Rusuk AD, BC, FG, dan EH teggak lurus dengan bidang gambar<br />(frontal) yang disebut <em>Rusuk Ortogonal</em><br /><em></em><br /><em>3. </em>Rusuk - rusuk yang terhalang pandangan oleh bidang lain, yaitu AD, DC, dan DH digambar<br />sebagai <em>garis putus - putus.</em><br /><em></em><br /><em>Langkah - langkah : </em><br /><em>1. </em>Menggambar bidang kubus bagian depan yang berbentuk persegi, yaitu persegi ABEF<br />2. Menggambar bidang kubus bagian belakang yang berbentuk persegi yaitu persegi DCGH<br />3. Menggambar rusuk - rusuk yang mengarah dari depan ke belakang yaitu AD, BC, FG, dan EH<br /></span>K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-49919708150265663842008-04-13T23:51:00.001-07:002008-08-15T19:55:54.465-07:00SEGITIGASuatu segitiga dapat dilukis, jika diketahui :<br />1. tiga buah sisinya (sisi, sisi, sisi)<br />2. dua sisi dan satu sudut yang diapit sisi -sisi yang diketahui (sisi, sudut, sisi)<br />3. dua sisi dan satu sudut yang menghadap salah satu sisi yang diketahui ( sisi, sisi, sudut)<br />4. satu sisi dan dua sudut yang terletak pada sisi yang diketahui (sudut, sisi, sudut)<br /><span class="fullpost"><br /><br /><br />Untuk setiap segitiga berlaku : <em><strong>jumlah dua sisi selalu lebih panjang dari sisi ketiga</strong></em><br /><strong><em></em></strong><br />Untuk setiap segitiga berlaku :<br />1. sudut terbesar menghadap sisi terpanjang<br />2. sudut terkecil menghadap sisi terpendek<br />3. sudut yang sedang menghadap sisi yang sedang.<br /><br />jenis - jenis segitiga<br />1. Ditinjau panjang sisi - sisinya<br />a. segiitiga sembarang<br />b. segitiga sama kaki<br />c. segitiga sama sisi<br /><br />2. Ditinjau dari besar sudutnya<br />a. segitiga lancip<br />b. segitiga siku - siku<br />c. segitiga tumpul<br /><br />Segitiga Istimewa<br />1. Segitiga samakaki<br />adalah segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang<br />sifat - sifat :<br />a. memiliki dua sisi yang sama panjang<br />b. memiliki dua sudut yang sama besar<br /><br />2. Segitiga samasisi<br />adalah segitiga yang semua sisinya sama panjang.<br />sifat - sifat :<br />a. memiliki tiga sisi yang sama panjang<br />b. memiliki tiga sudut yang sama besar yaitu 60 derajat<br />Luas = 1/4 x s x akar 3<br /><br />Garis - garis Istimewa segitiga<br />1. Garis tinggi adalah garis yang ditarik dari titik sudut suatu segitiga dan tegak lurus<br />terhadap sisi di hadapannya.<br /><br />2. Garis Bagi adalah garis yang ditarik dari titik sudut suatu segitiga dan membagi sudut itu<br />menjadi dua bagian yang sama besar.<br /><br />3. Garis sumbu adalah garis yang ditarik dari pertengahan sisi suatu segitiga dan tegak lurus<br />dengan sisi itu.<br /><br />4. Garis Berat adalah garis yang ditarik dari titik sudut suatu segitiga ke pertengahn sisi<br />dihadapannya.<br /><br />Jumlah sudut dalam setiap segitiga adalah 180 derajat.<br /><br />Besar sudut luar segitiga sama dengan jumlah sudut dalam yang tidak berpelurus dengan<br />sudut tersebut.<br /><br />Keliling segitiga = jumlah ketiga sisi - sisinya.<br /><br />Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi<br /><br />Luas segitga sembarang = akar s x (s - a) x (s - b) x (s - c)<br /><br />Dimana s = 1/2 x keliling segitiga<br /></span>K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-25740767879466940912008-04-13T23:23:00.001-07:002008-04-13T23:47:27.153-07:00Soal - Soal Segiempat1. Panjang diagonal - diagonal persegi panjang adalah (7x - 8) cm dan (4x + 7) cm.<br /> Tentukan Panjang diagonal persegi panjang tersebut.<br /><br />2. Keliling sebuah persegi panjang 60 cm. Sedangkan panjang : lebar = 3 : 2.<br /> Tentukan ukuran persegi panjang.<br /><br />3. Keliling persegi panjang 44 cm, Sedangkan panjangnya 12 cm. Tentukan luas persegi panjang.<br /><br />4. Diagonal - diagonal persegi PQRS berpotongan di titik O. Jika besar sudut POQ = 5y,<br /> Tentukan nilai y.<br /><br />5. Luas suatu persegi 16 a pangkat 2 cm persegi. Tentukan keliling persegi yang ddinyatakan<br /> dengan a.<br /><br />6. Pada jajargenjang ABCD, panjang AD = (3x - 4) cm dan BC = (x + 10) cm.<br /> Tentukan panjang AD.<br /><br />7. Pada jajargenjang PQRS, sudut P : sudut Q = 2 : 3. Tentukan besar sudut P dan sudut Q.<br /><br />8. Diketahui jajargenjang ABCD dengan panjang AD = 8 cm, CD = 10 cm dan<br /> garis tinggi DE = 7 cm. Tentukan luas jajrgenjang ABCD.<br /><br />9. Pada jajagenjang PQRS, panjang PQ = 15 cm, PS = 10 cm, dan garis tinggi TR = 8 cm.<br /> Tentukan panjang garis tinggi RU.<br /><br />10. Pada jajargenjang KLMN, besar sudut KK = (x + 5) dan sudut N = (3x - 25).<br /> Tentukan besar sudut L.<br /><br />11. Panjang alas dan tinggi suatu jajargenjang berbanding sebagai 3 : 2.<br /> Jika luas jajargenjang tersebut 150 cm persegi. Tentukan panjang alasnya.<br /><br />12. diagonal - diagonal belah ketupat ABCD berpotongan di titik O.<br /> Jika besar sudut AOOB = (5y + 10). Tentukan nilai y.<br /><br />13. Panjang diagonal - diagonal suatu belah ketupat adalah 8 cm dan 6 cm.<br /> Tentukan luas belah ketupat.<br /><br />14. Luas belah ketupat 96 cm persegi dan panjang salah satu diagonalnya 12cm.<br /> Tentukan panjang diagonal yang lain.<br /><br />15. Panjang diagonal - diagonal suatu belah ketupat adalah 8 cm dan (x + 1) cm.<br /> Jika luas belah ketupat 48 cm persegi. Tentukan nilai x<br /><br />16. Luas belah ketupat 162 cm persegi dan perbandingan panjang diiagonal - diagonalnya<br /> adalah 9 : 4. Tentukan panjang diagonal terpendek.<br /><br />17. Trapesium ABCD dengan AB sejajar CD, siku - siku di B. Jika besar sudut A = (2x - 25)<br /> dan sudut D = (3x + 5), Tentukan nilai x.<br /><br />18. Trapesium PQRS siku - siku di S. Jika panjang PQ = 10 cm, SR = 15 cm, PS = 12 cm.<br /> dan QR = 13 cm. Tentukan luas trapesium.<br /><br />19. Pada trapesium sama kkaki ABCD, AB // CD, De tegak lurus Ab, dan AD = BC. Jika panjang<br /> Ab = 16cm, BC = 10 cm, CD = 4 cm, dan DE = 8 cm, Tentukan luas trapesium<br /><br />20. Tinggi suatu trapesium = 5 cm, luasnya 50 cmpersegi, sedangkan panjang sisi sejajar<br /> berbanding sebagai 2 : 3. Tentukan Panjang sisi sejajar yang terpendek dari trapesiumK4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-83472287415536102282008-04-13T22:57:00.000-07:002008-04-13T23:20:41.797-07:00Bangun Datar Segi Empat1. <span style="font-family:georgia;">Persegi Panjang</span><br /> Persegi Panjang adalah segiempat yang keempat sudutnya siku - siku dan sisi - sisi yang <br /> berhadapan sama panjang dan sejajar.<br /> Sifat - sifat :<br /> a. sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar<br /> b. sudut - sudutnya sama besar yaitu sudut siku - siku = 90 derajat<br /> c. Diagonal - diagonalnya sama panjang dan berpotongan serta saling mmembagi dua sama<br /> panjang.<br /> Keliling = 2(p + l)<br /> Luas = p x l<br /> Panjanng diagonal = akar (panjang kuadrat + lebar kuadrat)<br /><br />2. Persegi<br /> Persegi adalah persesgi panjang yang keempat sisinya sama panjang<br /> Sifat - sifat :<br /> a. sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar<br /> b. sudut - sudutnya dibagi dua sama besar oleg diagonal,, sehingga diagonal - diagonalnya<br /> merurpakan sumbu simetri.<br /> c. Diaagonal - diagonalnya berpotongan membentukk sudut siku - siku = 90 derajat<br /> Keliling = 4 x s<br /> Luas = s x s<br /> Panjang diagonal = sisi x akar 2<br /><br />3. Jajargenjang<br /> Jajargenjang dapat dibentuk dari gabungan sebuah segitiga dan bayanganya setelah diputar<br /> setengah putaran dengan pusat titik tengah salah satu sisinya.<br /> Sifat - sifat :<br /> a. sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar<br /> b. Sudut - sudut yang berhadapan sama besar<br /> c. Jumlah besar sudut - sudut yang berdekatan adalah 180 derajat<br /> d. Kedua diagonal saling membagi dua sama panjang.<br /> Luas = alas x tinggi<br /><br />4. Belah Ketupat<br /> Belah ketupat dibentuk dari gabungan segitiga samakaki dan bayanganya setelah<br /> dicerminkan terhadap alasnya<br /> Sifat - sifat :<br /> a. semua sisinya sama panjang<br /> b. Sudut - sudut yang berhadapan sama besar dan dibagi dua sama besar oleh diagonal<br /> diagonalnya<br /> c. Kedua diagonal merupakan sumbu simetri<br /> d. Kedua diagonal saling membagi dua sama panjang dan saling berpotongan tegak lurus.<br /> Luas = 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2<br /><br />5. Layang - layang<br /> Layang - layang dibentuk dari gabungan dua segitiga samakaki yang panjang alasnya sama<br /> dan berhimpit.<br /> Sifat - sifat :<br /> a. masing - masing sepasang sisinya sama panjang<br /> b. salah satu diagonalnya merupakan sumbu simteri<br /> c. salah satu diagonalnya membagi dua sama panjang diagonal lain dan tegak lurus dengan<br /> diagonal itu.<br /> Luas = 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2<br /><br />6. Trapesium adalah segiempat dengan tepat sepasang sisi yang berhadapan sejajar.<br /> Sifat - sifat : jumlah sudut yang berdekatan diantara dua sisi sejajar adalah 180 derajat.K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4803538657593008366.post-69930097765280631402008-02-25T16:43:00.000-08:002008-02-25T22:19:26.954-08:00KONSEP LINGKARAN (Conceft of Circle)<div align="justify"><span style="font-family:verdana;font-size:85%;">Lingkaran! Apa ya yang dimaksud dengan lingkaran itu? Banyak benda - benda yang aku lihat berbentuk lingkaran. seperi: jam dinding, Koin, tutup gelas, dan masih banyak lagi.</span></div><div align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:verdana;">Coba sekarang ambil sebuah bambu, tali rafia, dan sebuah paku. Ikatkan paku dan bambu pada kedua ujung tali rafia itu lalu tanjapkan paku di tanah, kemudian tariklah bambu tadi hingga tali rafia merentang. Setelah itu buatlah titik - titik mengelilingi paku tadi. Perhatikan bangun apakah yang terbentuk? Oh ... iya lingkaran! </span></span></div><div align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:verdana;">* Jadi Lingkaran adalah himpunan titik - titik yang jaraknya sama dari suatu titik tetap (Contohnya : </span></span></div><p><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:verdana;">Paku).</span></span><br /><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:verdana;"><strong>A<em> circle is the set of points whose distance is equal from a fixed point .</em></strong></span></span><br /><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;">Perhatikan gambar!</span><br /><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;">Titik P disebut pusat lingkaran (The point P is called the center of the circle)</span><br /><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;">Titik A adalah sebuah titik dari lingkaran (The point A is a point of the circle)</span><br /><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;">Ruas garis PA disebut jari - jari lingkaran yang dilambangkan dengan r atau R (The line segment PA is called radius of the circle is usually symbolized by r or R)</span><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;">Apakah jari - jari sebuah lingkaran merupakan bagian dari lingkaran? (Is radius of a circle a part of a circle?)</span><br /><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;">Ingat bahwa lingkaran adalah himpunan titik - titik, bukan himpunan ruas garis. (Recall that a circle is the set of points, not set the set of the line segments, while radius is a line segment) </span></p><p><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;">Pada jari - jari PA hanya titik A yang merupakan bagian dari lingkaran (of the radius PA, only the point A is a part of the circle). </span></p><p><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;">Perhatikan ruas garis AB yang melalui titik pusat lingkaran yaitu titik P ( Consider the line segment Ab, that passes through the centerof the cirlcle (the point P). Ruas garis garis AB disebut garis tengah (diameter) lingkaran. Panjang diameter biasanya diambangkan dengan d (The line segment AB is called the diameter of the circle. The length of diameter is usualy symbolized by d). Belum selesai nanti dilanjutkan lagi. oke</span></p><p><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span><br /><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong><br /></p><strong><em><span style="font-family:Verdana;font-size:85%;"></span></em></strong>K4 Mathematicshttp://www.blogger.com/profile/10020802233339674745noreply@blogger.com0